306 Judul Penelitian Dapat Kucuran Dana

Universitas Hasanuddin (Unhas) menetapkan 306 judul penelitian dosen yang mendapatkan kucuran dana. Seluruh dosen yang penelitiannya lolos untuk mendapatkan dana hibah tersebut melakukan penandatanganan Kontrak Skim Penelitian dan Pengabdian Internal 2017 di Auditorium Prof Amiruddin, Sabtu, 3 Juni. Ketua LP2M Prof Laode Asrul mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan minat dosen untuk melakukan riset kompetitif nasional DP2M DIKTI.

Selain itu, kegiatan ini juga menggelar workshop pendalaman materi Panduan Penelitian Pedoman XI oleh Prof Herry Soenjaya. Kabag Keuangan Unhas, Yohannes menjelaskan, mekanisme pertanggungjawaban keuangan kegiatan penelitian dan pengabdian. “Hal ini dipandang sangat penting sehubungan dengan peralihan status Unhas menjadi PTNBH yang berkonsekuensi terhadap perubahan pengelolaan keuangan,” ujar Yohannes.

Jumlah dosen dari 14 fakultas yang menerima skim penelitian Professorship, BMIS, RUNAS, WCU PPI, WCU Kerja Sama Luar Negeri, dan Dosen Pemula adalah sebanyak 306 kontrak penelitian. Untuk Pengabdian pada Masyarakat sebanyak 204 kontrak pengabdian untuk Skim Iptek Bagi Wilayah, Ipteks Bagi Masyarakat, dan ITMW. Pemberian dana hibah penelitian diharapkan bagi para peneliti dan pelaksana pengabdian dapat memenuhi output wajib yang telah ditentukan.

Dari 306 judul penelitian yang didanai. Di antaranya ada 249 judul yang wajib menghasilkan luaran publikasi pada jurnal internasional bereputasi (scopus min Q3), lima judul wajib menghasilkan paten, sedangkan 52 judul lainnya yang merupakan skim dosen pemula wajib publikasi pada jurnal nasional terakreditasi. (ama/yuk)

Sumber : Fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *